HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2021/2022


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 52.3.228.47
Pengunjung : 1.038.015


Newsflash :
Mengikuti kebijakan PSBB DKI Jakarta, maka mulai 14 September 2020 s/d 2 Oktober 2020 operasional Kantor dan Sekolah Tarakanita Jakarta ditutup. Kantor tidak menerima tamu. Pendaftaran Peserta Didik/PPDB dan keperluan lain mohon hubungi nomor call center: 08118771984             |             MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.

Artikel :



Permainan ramah anak


Kamis; 02 July 2020 [YULIUS AKIRANTO, TK ST. CAROLUS SURABAYA] - Artikel Umum

PERMAINAN RAMAH ANAK MENUJU TATANAN NEW NORMAL

KONSEP DASAR BERMAIN

Bermain adalah :

1. Simbolik (symbolic)

2. Penuh arti (meaningful)

3. Aktif (active)

4. Menyenangkan (pleasurable)

 5. Kegiatan sukarela (voluntary)

6. Menggunakan aturan (rule-governed)

7. Fase-fase (episode )

Manfaat Bermain

a. Vygotsky (1976) bermain memiliki peranan langsung dalam perkembangan kecerdasan (kognitif) anak, yaitu dengan cara bermain simbolis.

b. Barnettdan Storm (1981) menemukan adanya bukti psikologis keterkaitan bermain dengan penurunan/pengurangan kecemasan dan kegelisahan anak-anak.

 c. Elkind (1981) melihat bermain sebagai suatu pelepasan/pembebasan dari tekanantekanan yang dihadapi anak.

TAHAPAN PERKEMBANGAN BERMAIN :

1. Tahap Manipulatif

2. Tahap simbolis

3. Tahap eksplorasi

4. Tahap eksperimen

 5. Tahap dapat dikenal

RAMAH ANAK Menuju Tatanan New Normal Pemberian stimulasi pendidikan kepada anak dengan memperhatikan hak dan kebutuhan anak agar tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan – tahapan pertumbuhan dan perkembangan sebagaimana mestinya dengan menyesuaikan kebutuhan tatanan kehidupan new normal.

Ramah anak dapat pula diartikan dengan ”memenuhi” atau ”mendukung” pemenuhan hak anak oleh keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara.

PRINSIP-PRINSIP PERMAINAN RAMAH ANAK

1. Disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak yaitu perkembangan fisik, motorik,kognitif, sosial emosional dan bahasa.

2. Dapat menstimulasi perkembangan anak dengan cara memberi kesempatan sebanyak-banyaknya kepada anak untuk eksplorasi,
komunikasi aktif, interaksi sosial dan koordinasi gerakan-gerakan motorik.

3. Tercipta rasa aman secara jasmani dan rohani. 4. Menyesuaikan prinsip – prinsip tatanan kehidupan new normal. Page 8 JENIS PERMAINAN YANG SESUAI DENGAN ASPEKASPEK PENGEMBANGAN ANAK USIA

JENIS PERMAINAN YANG SESUAI DENGAN ASPEKASPEK PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI A. Permainan berdasarkan Tinggi Rendahnya Keterlibatan Anggota Tubuh

 1. Kegiatan Bermain Aktif § Merupakan kegiatan yang melibatkan aktivitas tubuh/gerakan tubuh § Misalnya :

a) Bermain bersama teman • Bermain balok,lego • Bermain pasir

b) Bermain dalam kelompok • Bermain tali • Bermain sepakbola/bola basket

Kegiatan Bermain Pasif

  • § Hiburan merupakan salah satu bentuk bermain pasif
  • § Manfaat bermain pasif: ü Sebagai sumber pengetahuan ü Menambah perbendaharaan kata dan lebih paham bagaimana menggunakan kata ketika sedang berkomunikasi dengan orang lain. ü Melakukan identifikasi dengan tokoh-tokoh cerita ü Membantu anak menangani masalah emosional yang dialaminya dengan melihat bagaimana tokoh cerita mengatasi masalah mereka ü Belajar memusatkan perhatian
  • § Misalnya : ü Menonton film ü Membaca ü Mendengarkan radio ü Mendengarkan musik Page 10

METODE DAN TEKNIK BERMAIN

  1. Bercerita

 • Membaca langsung dari buku, Menceritakan dongeng, Menggunakan ilustrasi gambar, Mengguankan papan flanel, Menggunakan media boneka, Sambil memainkan jari-jari tangan

B. Bermain Peran

  • • Pura-pura menjadi pohon yang tertiup angin

  C. Sosiodrama

  • • Memerankan beberapa peran dalam suatu cerita

 D. Demonstrasi • Apa yang ditunjukkan oleh guru harus jelas dilihat anak

 E. Pemberian Tugas (meningkatkan cara belajar yang benar)

 F. Proyek (memberi makan binatang piaraan sekolah)

 G. Karyawisata
 H. Bercakap-cakap
By : Lusia Dyan Ramayani







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :