HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.225.32.164
Pengunjung : 456.974






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

Berita Kegiatan :



Dengan Permainan Kartu, Peserta Didik TK Santo Carolus menjadi anak trampil dan pandai membaca

Kamis; 15 March 2018 [YULIUS AKIRANTO, TK ST. CAROLUS SURABAYA] - Berita Umum

Dunia pendidikan usia dini memiliki prinsip belajar sambil bermain, sehingga dapat menimbulkan kreativitas pada anak. Bermain sambil belajar pada peserta didik sangat cocok untuk dilaksanakan oleh semua guru, sebab pendidikan di Taman Kanak-kanak baru bersifat pengenalan, antara lain pengenalan angka dan huruf. Salah satu metode yang dijadikan sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan angka dan huruf di Taman pendidikan anak usia dini adalah permainan kartu huruf.

            Rabu, 14 Maret 2018  peserta didik kelompok A-1 TK Santo Carolus  belajar sambil bermain di ruang kelas mengenal huruf, suasananya sangat menyenangkan dan semua peserta didik antusias untuk mengikuti permainan tersebut. Mereka dengan sabar menunggu giliran untuk maju ke depan kelas secara berkelompok untuk menyusun kata. Satu kelompok terdiri dari 2 anak.

            Kartu huruf bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Bagi guru, media ini bertujuan untuk mempermudah dalam mengkondisikan situasi belajar. Keterlibatan anak secara aplikatif dengan bantuan guru yang proaktif akan menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif dan efisien. Guru bertindak sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.

            Kegiatan ini selain untuk memperkenalkan huruf, melatih keterampilan tangan dalam menempel juga melatih kerjasama dalam tim, ada yang mencari hurufnya dan ada yang menempel bila sudah menemukan huruf yang dimaksud. Huruf-huruf yang disusun akan menjadikan kata sesuai dengan gambar yang ditempel.

            Dalam proses bermain sambil belajar ini melatih kesabaran dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, dan hasilnya woo sungguh cepat dalam menyelesaikannya, sehingga peserta didik tidak mau berhenti ingin terus bermain.

            Semoga metode pembelajaran ini tetap digunakan secara terus menerus sehingga tidak membuat bosan peserta didik dan terus menerus guru memperkaya diri untuk meningkatkan pembuatan alat peraga walaupun sederhana.

            Selamat bermain sambil belajar anak-anakku, tetaplah semangat ya?

 

Red. C Dwi Suilastari







Komentar - komentar untuk berita ini :
Bella Marselina - 16 March 2018 08:03:28
wahh... anak-anak terlihat happy kalau begini jadi mudah mengenal huruf dan angka.

--ref30296--
ysm - 16 March 2018 09:52:15
Kapan pribadi berkembang@Ketika mereka senang mengikuti pembelajaran

--ref30306--


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :