HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.228.10.34
Pengunjung : 1.025.349


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

SEJARAH SINGKAT SEKOLAH TK SANTO CAROLUS

          Sejarah TK Santo Carolus tidak terlepas dari proses kegiatan Suster-suster CB. Yang memulai karya awalnya di Surabaya.Pada waktu itu karya pendidikan CB di Surabaya dimulai . Ketika Sr. CB diberi wewenang untuk membantu menangani Sekolah R.A. Kartini dan kompleks St. Yosef yang pada awalnya milik Yayasan Gabriel kemudian sekolah R.A. Kartini dan St. Yosef  diserahkan seluruh pengelolaannya kepada konggregasi Suster-suster CB.
          Ketika perkembangan pendidikan di Surabaya semakin cepat, karena Surabaya juga merupakan salah satu kota yang terbesar ke 2 di Indonesia maka  pada bulan Juli tahun 1982 Konggregasi Suster-suster CB mendirikan sekolah TK yang diberi nama TK Santo Carolus.

TK Santo Carolus merupakan sekolah asli milik Suster-suster CB. Nama TK Santo Carolus diambil dari Santo Pelindung Suster-suster CB yaitu Carolus Borromeus yang dipestakan setiap tanggal, 4 Nopember.
          Pada saat itu Suster-suster CB sudah banyak berkarya pada bidang pendidikan di seluruh Indonesia. Akan tetapi tidak semua wilayah menggunakan nama yang sama. Kalau TK Santo Carolus memakai nama pelindung Santo Carolus. Tentu saja banyak tersirat dari nama tersebut, karena semangatnya yang menonjol, rela berkorban yang tentunya diharapkan dapat menjiwai seluruh warga TK Santo Carolus.

          TK Santo Carolus terletak di Jalan Jemur Andayani XXI Surabaya. Ditinjau dari letak geografis, keberadaan TK Santo Carolus sangat strategis, karena hanya 100 m dari jalan raya, letaknya mudah dijangkau, dan situasinya sangat tenang, karena terletak di dalam kompleks perumahan Jemur Andayani.

          Pada awal berdirinya TK Santo Carolus banyak mendapat sambutan yang positif dari masyarakat, karena sekolah katolik di wilayah Surabaya Selatan masih sangat sedikit. Sedangkan sekolah-sekolah Katolik pada umumnya di wilayah Surabaya tengah dan utara.

          K
etika TK Santo Carolus berdiri tahun 1982 sampai sekarang tahun 2012, sudah mengalami 10 kali pergantian kepala TK. Hal ini disebabkan sebagian besar yang pernah menjabat Kepala TK Santo Carolus adalah Suster. Sehingga ketika beliau mendapat tugas lain dari konggregasi maka mau tidak mau harus melepaskan jabatannya.


 Beberapa nama yang pernah menjabat sebagai Kepala TK Santo Carolus adalah :
1.         Sr. Edelburga CB                                 1982 - 1983
2.        
Sr. Alouysia CB                                    1983 - 1987
3.        
Sr. Paulina CB                                     1988 - 1989
4.        
Sr. Renata CB                                      1990 - 1993
5.         Sr. Carolin CB                                      1994
6.        
Sr. Inez CB                                          1994 - 1996

7.        
Ibu. Veronica Sumini                            1996 - 1998
8.        
Ibu M.E. Tri Ernaningsih                        1998 - 2003

9.        
Ibu Yulia Praptiningsih                           2004 - 2010
10.      
Ibu Cicilia Dwi Susilastari                       2010 - 2014
11.       Ibu Agustina Tri Wulandari                     2014 - sekarang

Keadaan Gedung sekolah dan sarana prasarana.
          TK Santo Carolus berdiri sejak tahun 1982, dibangun diatas tanah seluas 1.217 m2. Waktu itu jumlah siswa yang masuk ke TK Santo Carolus dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya ketika TK masih menempati bangunan gedung yang lama, hanya mampu menampung 1 kelas ( untuk TK kecil ). Tahun berikutnya menjadi 2 pararel, dan akhirnya menjadi 4 pararel. Karena dipandang kebutuhan fasilitas gedung semakin mendesak dengan semakin banyaknya jumlah siswa, maka tahun 1995  gedung lama dibongkar. Lalu dibangun gedung baru berlantai dua dengan luas bangunan  978 m2,  dengan jumlah ruangan dan fasilitas yang lebih memadai.
         Perubahan dan penampilan serta fasilitas yang memadahi dengan didukung oleh tenaga guru dan administrasi  yang profesional TK Santo Carolus semakin mendapatkan hati di masyarakat.
          Pada Tahun 2009-2010 berdasarkan banyaknya permintaan calon orang tua siswa dalam pendaftaran siswa baru yang putra putrinya masih dibawah standar usia TK, berharap TK Santo Carolus membuka kelas Play Group.
          Oleh karena itu atas dasar permintaan Customer dan dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang serta memperhatikan program jangka panjang sekolah, maka  TK Santo Carolus dengan tekat dan penuh keyakinan berani membuka Kelas Baru yaitu Play Group / Kelompok Bermain Tingkat B ( usia 2,7 s/d 3 tahun ).
          Dengan lahan dan gedung yang telah ada dan terbatas TK Santo Carolus hanya mempunyai 4 ruang kelas. Yang dipergunakan untuk TK A dan TK B secara bergantian ( Pagi dan siang ).

Segala rencana dan upaya rupanya Tuhan yang telah mengatur dan menentukannya.
          Disaat kami sedang membutuhkan Ruang untuk kelas Kelompok Bermain, dan kami hanya mempunyai tempat / ruang kelas yang terbatas juga sudah tidak mungkin untuk menambah ruang lagi, yayasan memprogramkan bahwa untuk tahun pelajaran 2009-2010 TK Santo Carolus mengurangi  jumlah Quota siswa per kelas dari jumlah 25 – 30 per kelas menjadi 20 per kelas hal ini bertujuan untuk lebih meningkatkan pelayanan dan pendidikan yang fokus terhadap siswa. Dengan didukung program dari yayasan tersebut maka TK Santo Carolus berani menjawab tantangan dari para pelanggan yaitu membuka kelas baru ( Play Group ).
          Dengan adanya kelas Baru Play Group Ruang Kelompok TK berkurang satu menjadi 3 pararel,  dan 1 pararel dipergunakan untuk ruang kelompok Bermain / Play Group.

         
Pada tanggal  9 November 2009  KB Santo Carolus dibuka dan diresmikan oleh Dra. Ec. Sr. Laurentina CB Kepala Kantor Wilayah Surabaya Yayasan Tarakanita.
          Demikianlah sejarah TK Santo Carolus dari Tahun ke tahun, semoga dengan adanya kelas baru Kelompok Bermain, akan semakin menambah maju perkembangan pendidikan Yayasan Tarakanita pada umumnya dan KB-TK Santo Carolus pada khususnya.
          Kami tetap eksis maju dan berkembang karena usaha dan dukungan dari Bapak-Ibu Orang Tua siswa yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk tetap dididik dan dibimbing dalam naungan Yayasan Pendidikan TARAKANITA.


FOTO GEDUNG LAMA 

Tanah untuk Gedung TK,SD,SMP CarolusPeletakan batu pertama
PemberkatanPembangunan
Pembangunan2Gedung TK St. Carolus dulu
Gedung tampak depanPemberkatan gedung
Peresmian GedungPenerimaan Siswa Baru
Siswa PerintisPrestasi Siswa



FOTO GEDUNG BARU

Pembongkaran gedunglama
Pembangunan baru
 Pembangunan Gedung BaruPembangunan Gedung Baru
Pembangunan Gedung BaruHalaman bermainRuang kelas dan GalerryGedung tampak depan
gb1foto2


NEW COLOR OF TARAKANITA